Rabu, 15 Juni 2016

Tarawih - Day 9 Fasting

Jauh dari keluarga justru membuat saya rajin melaksanakan tarawih. Paling tidak sudah tiga kali ini tarawih. Haha... Sudah hari ke sembilan. Malam pertama tarawih sendiri di rumah, trus besoknya berhalangan. Lalu di malam ke sembilan dan ke sepuluh barulah saya bisa tarawih di masjid.

Masjid tak terlalu jauh dari tempat kos saya. Masuk sebuah gang 50 meter saja. Masjidnya tak terlalu besar, Masjid Al Hidayah namanya. Jumlah jamaahnya juga sedikit. Lelaki hanya satu shaf, perempuan juga satu shaf. Husnudzon saja, muslim yang lain tarawih di masjid lainnya.

Malam pertama saya tarawih di masjid, imam yang sekaligus pengkutbah ternyata rekan sejawat kerja di sesama instansi kehutanan, tapi beliau di Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), bernama pak Asep. Saya pernah ngobrol sama beliau waktu saya ada urusan di TNGM, tapi beliau pasti sudah lupa sama saya.

Pak Asep bacaannya suratnya lembut agak lambat, bagus tapi agak bikin ngantuk. Atau memang saya dasarnya pengantuk ya. Malam kedua, imam dan pengkutbahnya ganti, namanya nggak tau siapa karena dia nggak memperkenalkan diri. Tapi dia berkutbah dalam bahasa Jawa dan tausiyahnya lumayan lucu. Jadi seger dan nggak ngantuk.

Pak Imam kedua ini sempat bertanya kepada jamaah. "Pak, Bu, kalau dengar anak-anak kecil lari-lari ketawa-ketawa saat sholat berjamaah seperti tadi, marah apa mangkel?"
Jamaah menjawab...mboten nopo-nopo.

Pak Imam melanjutkan... "Kalau ada anak-anak lari-lari dan ribut di masjid saat orang lain sholat, bapak ibu tak usah marah. Itu memang sudah kodratnya anak-anak. Memang masa-masa mereka adalah masa-masa bermain. Bapak ibu baru boleh marah kalau ada bapak-bapak yang lari-lari dan ketawa-ketawa saat orang sedang khusyuk berjamaah."

Gambar dari google

Pak Imam cerita bahwa beliau pernah mengimami jamaah tarawih di lapas narkoba. Saat sedang ceramah, sebagian narapidana malah asyik menggerombol di belakang sambil merokok...astaga.... Yah, begitulah, Pak Imam tidak lagi ghibah atau marah-marah sih. Saya melihat dia hanya berbagi pengalaman sekaligus curcol, hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES