Sabtu, 02 Januari 2016

Pentingkah Sebuah Resolusi?

Seperti biasa di pengujung tahun, saya membuka kembali file resolusi dan menilai capaian yang saya peroleh. Hmm, kali ini untuk tahun 2015, nilai saya hanya 6,66. Bisa ditebak, banyak resolusi yang tak tercapai.

Saya biasa membagi resolusi menjadi tiga bagian:
1. Keluarga, kesehatan dan religi
2. Karir
3. Karir 2

Dari tiga kelompok besar di atas, bisa dipilah-pilah lagi sesuai kebutuhan. Untuk poin 1, tahun kemarin saya berjanji untuk lebih sabar kepada anak-anak, lebih rajin membuat kue dan lebih sering menemani mereka belajar dan bermain. Dalam hal religi, saya berjanji untuk lebih rajin membaca Al Qur'an, rajin sholat wajib maupun sunnah. Dalam hal kesehatan, mau olahraga rutin. Total nilai : 7 (soalnya olahraga rutinnya cuma bertahan satu minggu).

Poin karir, ada rincian tugas-tugas saya, tapi intinya sih, saya harus LULUS kuliah. Ternyata gagal, so nilai saya : 5 (Harusnya nilainya nol, tapi ada progresslah, lagipula saya nggak mau jahat pada diri sendiri ngasih nilai kok zero banget).

Poin karir 2, ini maksudnya terkait second job saya sebagai penulis. Penulis pemula. Target tahun 2015 kemarin 6 cerpen dimuat media. Ternyata beneran ada enam cerpen dimuat plus bonus tulisan lain berupa opini, resensi dan naskah humor. Jadi saya nilai : 8

Nah, total setelah dijumlahkan dan dibagi tiga, nilai saya adalah 6,66 tadi itu. Kurang memuaskan.

Trus, resolusi untuk 2016 apa, dong? Yah, yang belum tercapai di 2015 tetep dilanjutkan dengan harapan nilainya meningkat.

Penting tidak sih, nulis-nulis resolusi segala? Ya, menurut saya penting. Untuk memberi patokan setahun ke depan tu mau ngapain aja. Apa yang hendak dicapai. Masak hidup datar-datar saja. Tapi lebih penting lagi untuk selalu mengevaluasi misalnya perbulan, sudah sejauh mana progress yang diperoleh dari sebuah resolusi. Jadi insyaAllah resolusinya bisa tercapai semua di akhir tahun.

Begitu.

Jadi, sudahkah Anda membuat resolusi Anda sendiri? Mari kuatkan tekad untuk mencapai semua asa di 2016. Semoga doa kita diijabah Allah SWT. Aamiin....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES