Senin, 22 Agustus 2016

Memulai Olah Raga Lari: (4) Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

Hari ini adalah hari off saya berlari. Jadi saya akan posting segala hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan program lari saya. Kali ini saya mau membicarakan tentang pemicu mengapa saya jadi memutuskan untuk berlari. Yap, itu adalah karena kadar kolesterol dalam darah saya yang sudah melewati ambang batas normal.

Kebetulan saya dapat broadcast di grup whatsapp tentang tujuh tanda kolesterol tinggi. Setelah saya cermati ternyata enam dari tujuh tanda tersebut ternyata memang ada di saya. Astaghfirullah...
Berikut saya sarikan ke tujuh tanda-tanda tersebut.

1. Sering kesemutan
    Sering kesemuta merupakan pertanda aliran darah tidak lancar sehingga ada syaraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Sebagian besar penyebab aliran darah tidak lancar adalah kolesterol.

2. Pusing di kepala bagian belakang
    Kolesterol mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar otak dan kepala. Apabila dibiarkan dapat berakibat fatal yaitu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke

3. Pegal di tengkuk/pundak
    Pundak dan tengkuk terasa pegal bisa karena kurang pasokan oksigen dan darah ke area tersebut akibat penumpukan kolesterol.

4. Rasa nyeri pada kaki.
    Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat

5. Mudah mengantuk
    Sering menguap terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak.

6. Warna kuku berubah
    Kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya akibat tidak mendapat aliran darah yang cukup

7. Kram pada malam hari
    Kram pada kaki, tumit, telapak kaki dan lainnya.

Sumber artikel yang saya resume memang hanya dari broadcast whatsapp, tapi tak apalah. Cukup kita waspada saja terhadap tanda-tanda tersebut. Seperti saya yang kolesterol tinggi ternyata memang mempunyai enam dari tujuh tanda di atas (yang gak ada hanya kuku yang berubah warna). Yuk, mulai hidup sehat. Kalau memang saatnya meninggal, meninggallah dalam keadaan sehat, bukan karena penyakit yang menggerogoti badan, insyaaAllah.

Penampakan kolesterol dalam aliran darah
Gambar dari google


2 komentar:

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES