Senin, 30 November 2020

Yuk, Bikin Odading

 Sudah beberapa bulan, Emir anak kedua saya berceloteh tentang Odading Mang Oleh. Awalnya, saya tidak terlalu menanggapi.

"Odading Mang Oleh, rasanya seperti menjadi IRONMAN!" teriak Emir ditimpali adiknya. 

Karena bising mereka teriak melulu, akhirnya saya browsing arti odading itu apa. Owalah, ternyata roti goreng alias bolang-baling alias galundeng. Odading ini bahasa sundanya gitu. Kalau itu sih gampang bikinnya, batin saya. Tapi cuma dibatin doang dan nggak dipraktikin, wkwkwk.

Hingga suatu saat, suami pulang bawa sekantung ... odading! Rupanya sekarang sudah ada yang jual di depan Indomaret. Satu gerobak dengan tahu crispy dan cireng. Hebohlah si Emir makan itu roti goreng. Dan saya menjanjikan untuk membuatkannya suatu saat nanti. Hihihi, maklumilah, Mir ... mamamu bikin camilan kalau lagi mood doang.

Dan, hari Minggu kemarin 29 November 2020, akhirnya datanglah mood itu. Saya berhasil membuat odading satu resep (tepung 250 gram), pakai resep dari cookpad, saya modif dengan topping wijen dan sedikit gula pasir. Ini dia penampakannya.


Ini Odading bikinan saya, lho.

Kalau dibanding dengan odading yang biasa dibelikan suami, odading bikinan saya ini lebih terasa manisnya. 

Biasa, kalau habis praktik, pasti pengen dengerin komentar netijen, dooong. Saya tanyalah si Emir.

"Mir, odading bikinan mama, sama odading yang biasa dijual orang, enakan mana?"

"Enakan yang dijual orang!" jawab Emir cepat, sambil makan odading bikinan saya, potongan yang kelima.

Kumenangiiiiiis ...

Hmmm, yah biarin deh, lebih enakan yang dijual. Toh, sepiring odading itu akhirnya habis juga. Apa gara-gara nggak ada camilan yang lain, ya? Hihihi, entahlah.

Tapi, buibu yang mungkin sering mengalami nasib yang sama dengan saya (atau cuma saya aja yang kekgini?), nggak usah mutung ya gerakan bikin camilannya. Selama bikinan kita selalu habis, jangan segan untuk selalu bikin camilan buat keluarga. Di mana-mana mah, bikinan sendiri selalu always lebih higienis dan sehat. Iya, nggak? Iya, dong! Yuk, bikin odading!**


2 komentar:

  1. menurut saya odading tuh biasa aja
    Atau karena ngga suka manis ya? :D :D
    Di Bandung, odading selalu dijajakan bareng cakwe yang rasanya asin
    Nah, saya lebih suka cakwe dibanding odading :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, cakwe juga enak ya, Mbak. Makasih sudah berkunjung

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES