Jumat, 20 September 2019

7 Cara efektif mengatasi mual di perjalanan

Hidup ini laksana sebuah perjalanan panjang. Kadang belok, kadang lurus, kadang naik turun. Dalam hidup selalu ada saat-saat sedih, seperti halnya dalam perjalanan selalu ada saat-saat mual. Apa yang harus dilakukan saat mual melanda? Berikut tujuh cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengatasi mual. Setiap orang pasti punya cara favoritnya sendiri, which one is yours?


Gambar dari pixabay

1. Ngobrol
Ngobrol dengan teman seperjalanan merupakan cara yang tepat mengatasi rasa bosan. Ternyata untuk sebagian orang, cara ini juga berhasil untuk menghilangkan rasa mual. Paling tidak, kita akan berkonsentrasi pada materi obrolan sehingga mual terlupakan. Percayalah untuk sebagian orang, cara ini efektif, namun untuk saya, tidak.

2. Makan
Ngemil kripik atau makanan ringan lainnya efektif mengurangi rasa mual. Ada teman saya yang kalau naik mobil sampai di jalan belok-belok, pasti langsung ngunyah potato chips. For her, its work. For me? Malah makanan itu akan menarik keluar semua pendahulunya yang sudah bersemayam di lambung. Alamaaak....

3. Ngemut permen
Permen mempunyai rasa manis, pedes, kecut, dan lain-lain tergantung selera. Permen ini akan menetralisir rasa pahit di lidah saat perut mual sehingga mengurangi perasaan ingin muntah. Cara ini buat saya oke-oke saja. Bisa dipakai bila hanya mual-mual tipis.

4. Memejamkan mata dan posisi pewe
Saat jalanan sudah sangat tidak bersahabat sehingga badan macam terkocok-kocok di dalam mobil, pejamkanlah mata dan duduk yang enak. Memejamkan mata akan menghindari mata kita melihat jalanan yang memutar bikin pusing dan posisi wenak menjaga kita untuk tidak terlalu goyang. Posisi paling enak adalah di pinggir dengan kepala miring ke jendela. Lebih bagus kalau ada bantal leher.

5. Tidur
Tidur adalah cara praktis untuk melupakan apapun termasuk melupakan hidupmu yang banyak utang, eh melupakan mual. Bahkan mungkin kita nggak sempat mual karena sudah terbang ke alam mimpi. Hanya saja tidur ini susah dikondisikan. Kalau jalanan amburadul apa iya masih bisa enak tidur, ya kan...

6. Minum obat anti mabok sebelum perjalanan
Cara ini yang paling efektif walau setelah saya beranjak remaja, dewasa lalu tua kelak, cara ini sudah tidak pernah saya pakai. Dulu waktu kecil, saya sering minum obat anti mabok setiap pergi liburan ke rumah nenek. Cara ini membantu tidur dengan sukses. Bahkan mungkin walau jalanan berbukit kita akan tetap tidur dengan senyum tersungging walau teman satu bus sudah butuh kresek kedua untuk kantong muntah.

7. Tambahkan caramu sendiri. Nah, saya kan sudah ngetik enam cara. Untuk melengkapinya menjadi tujuh, tambahkan caramu sendiri. Atasi mual dan nikmati perjalananmu. Happy travelling!

4 komentar:

  1. Cara berikutnya, membayangkan mantan tranSfer banyak duit ....

    BalasHapus
  2. Heran kadang kenapa aku orangnya mabokan kalo lgi naik mobil. Huhuhu. Btw nice tips mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak aku juga mabokan. dan tips yang paling ampuh buat aku merem gak bergerak atau tidur sekalian, hehe. makasih ya sudah singgah.

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES